Senin , 18 Oktober 2021

6 Fitur Baru FaceTime, Modal Saing Lawan Zoom

Layanan obrolan video khusus Apple, FaceTime, kini punya 6 fitur baru untuk iOS 15. Pembaruan ini membuat FaceTime mirip Zoom yang saat ini booming lantaran kebutuhan panggilan video melonjak saat pandemi Covid-19.

Menurut Cnet, beberapa fitur baru FaceTime menyerupai Zoom, sementara fitur lainnya seperti SharePlay dapat menawarkan cara baru untuk berkomunikasi dengan teman secara virtual.

Berikut 6 fitur baru FaceTime:

Tautan undangan

Panggilan video lewat FaceTime kini tidak lagi harus lewat aplikasi FaceTime terlebih dahulu. Kini bisa dilakukan lewat tautan undangan.

Pengguna juga dapat menyimpan tautan pada kalender yang dapat berfungsi untuk mengingatkan jadwal. Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan tautan pada orang yang ingin dihubungi.

FaceTime dengan Android dan Windows

FaceTime sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna iPhone atau iMac saja, tetapi sekarang Anda dapat meminta pengguna Android atau Windows untuk bergabung dalam panggilan.

Setelah Anda mengirimi mereka tautan, mereka dapat bergabung melalui browser web di perangkat apa pun yang mereka gunakan. Apple mengatakan panggilan akan tetap terenkripsi end-to-end.

Audio lebih baik

Apple melaporkan terdapat fitur isolasi audio akan tersedia di aplikasi FaceTime. Hal itu diklaim secara signifikan akan membantu mengurangi kebisingan latar suara.

Apple menunjukkan demo saat seseorang suara berisik di belakang orang yang sedang menelepon. Pada saat fitur isolasi diaktifkan, hanya ucapan mereka saja yang terdengar.

Selain itu ada pula peningkatan pada audio spasial untuk pemrosesan audio 3D, yang diklaim dapat menangkap suara lebih jernih, sehingga membuatnya tampak seperti berada di ruangan yang sama.

Mode potret FaceTime

Dengan menggunakan kamera pada iPhone, iPad, dan iMac, pengguna dapat memiliki latar belakang buram pada panggilan FaceTime. Aplikasi Zoom menawarkan fitur serupa tetapi hanya berbasis perangkat lunak.

SharePlay

Fitur terbaru FaceTime lainnya adalah SharePlay. Fitur ini memungkinkan pengguna menonton film atau mendengarkan musik yang dapat disinkronkan dengan teman atau keluarga lewat FaceTime.

SharePlay akan memungkinkan film dimulai di kedua perangkat Anda (iPad, iPhone, Mac, atau Apple TV) pada waktu yang sama. Kedua pihak dalam panggilan dapat menjeda dan memundurkan apa pun yang ditonton, dan Anda dapat memutar film ke Apple TV menggunakan ponsel atau iPad.

Dikutip dari Apple Insider, fitur ini dapat memutar musik dari iTunes dan Apple Music, serta memutar cuplikan dari HBO, TikTok, Disney Plus, Paramount Plus dan masih banyak lagi.

Tampilan kisi-kisi FaceTime

Pada saat melakukan panggilan video secara grup atau lebih dari dua orang, FaceTime memberikan kisi-kisi agar semua tampilan pengguna dapat terlihat di layar.

Selain itu, FaceTime juga memberikan penanda pada pengguna yang tengah berbicara. Hal ini membuat lebih mudah melihat langsung wajah pengguna yang aktif.

(can/fea)cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *