Kamis , 7 Juli 2022

8 Negara Bebas Kasus Covid, Berdasarkan Data WHO

Ketika jumlah kasus COVID melonjak di seluruh dunia, sangat mengejutkan bahwa ada beberapa negara yang telah berhasil mencegah virus sejak dimulai pada awal 2020.

Sesuai laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), beberapa negara benar-benar melaporkan nol kasus COVID, berikut daftarnya dilansir dari Times of India :

1. Tokelau

Dengan tiga atol karang tropis di Samudra Pasifik Selatan, Tokelau telah terdaftar sebagai bebas COVID-19 oleh WHO. Karena tidak ada bandara, Tokelau dapat diakses terutama dengan kapal. Dengan populasi hanya 1500 penduduk, destinasi ini juga menyebut dirinya sebagai negara pertama yang sepenuhnya ditenagai oleh energi terbarukan.

2. Tuvalu

Sesuai laporan WHO, hampir 50 dari 100 orang divaksinasi penuh terhadap COVID-19 di destinasi ini. Negara kepulauan di Pasifik Selatan ini terdiri dari kelompok enam atol dan tiga pulau karang. Meskipun merupakan anggota Persemakmuran, negara kepulauan ini berhasil mencegah COVID-19 dengan menggunakan karantina wajib dan menutup perbatasannya.

3. Kepulauan Pitcairn

Pulau-pulau ini terletak di Samudra Pasifik. Terdiri dari empat pulau, yaitu Henderson, Oeno, Pitcairn, Ducie, Wilayah Luar Negeri Inggris ini dikenal sebagai wilayah berpenduduk paling sedikit di dunia. Sesuai catatan, orang Polinesia adalah penghuni pertama Kepulauan Pitcairn, dan itu satu-satunya pulau yang berpenghuni. Juga sesuai catatan, ia memiliki populasi hanya 50 orang dan mereka berhasil menjauh dari virus.

4. Saint Helena

Terletak di Samudra Atlantik Selatan, Saint Helena dianggap sebagai salah satu lokasi paling terpencil di dunia. Terletak lebih dari 1.200 mil di barat pantai barat daya Afrika, dan 2.500 mil dari Rio de Janeiro, ia memiliki populasi sekitar 4.500, dan mencegah virus. Dan sesuai laporan daftar WHO, 58 orang per seratus penduduk divaksinasi lengkap di sini.

5. Nauru

Negara pulau kecil ini terletak di timur laut Australia, dan memiliki pantai berpasir putih, terumbu karang, termasuk Teluk Anibare di pantai timur. Ini berfungsi sebagai pos terdepan Jepang selama Perang Dunia Kedua. Laporan dari daftar WHO menunjukkan bahwa hampir 68 orang per 100 divaksinasi lengkap di sini melawan COVID-19 di sini, dan negara pulau ini mencegah virus dan warganya aman.

6. Mikronesia

Mikronesia tersebar di Pasifik Barat, dan terdiri dari empat negara pulau. Dengan lebih dari 600 pulau, empat negara pulaunya adalah Korsae, Chuuk, Yap, dan Pohnpei. Destinasi ini terkenal dengan penyelaman yang dipenuhi bangkai kapal, pantai yang dinaungi pohon palem, dan reruntuhan kuno. Sesuai laporan WHO, lebih dari 38 orang per 100 penduduk di Mikronesia telah divaksinasi lengkap, dan juga berhasil menjauhi COVID-19.

7. Niue

Ini satu lagi negara kepulauan di Samudra Pasifik Selatan yang berhasil berhasil menjauhi virus COVID-19. Terkenal dengan situs menyelam terumbu batu bara dan tebing kapur, surga ini adalah salah satu negara terkecil, namun terkenal sebagai salah satu atol karang terbesar di Bumi. Sesuai daftar WHO, negara ini memvaksinasi lebih dari 79 orang per 100 terhadap COVID-19 di sini.

8. Turkmenistan

Meskipun Turkmenistan terletak di Asia Tengah, mengejutkan bagaimana ia berhasil menangkal pandemi COVID-19, sementara menyebar ke seluruh benua. Namun, jika laporan akan berlalu, negara tersebut belum secara resmi melaporkan kasus COVID-19, sedangkan pejabatnya secara ketat membatasi acara keagamaan massal, semua perjalanan komersial, dan mendorong penggunaan masker wajah dan menjaga jarak sosial.

Editor : Mia Chitra Dinisari (Bisnis.com)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *