Jumat , 17 September 2021

Bikin panas, China gelar latihan serangan gabungan di dekat Taiwan

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) pada Selasa (17/8) menggelar latihan serangan langsung gabungan di dekat Taiwan, sebagai respons atas provokasi baru-baru ini oleh Taiwan dan AS.

Komando Teater Timur PLA mengirim kapal perang, pesawat anti-kapal selam, dan jet tempur di sekitar wilayah maritim dan udara di dekat Barat Daya juga Tenggara Pulau Taiwan untuk latihan militer.

Termasuk, latihan serangan tembakan langsung sekaligus untuk menguji komando kemampuan operasi gabungan terpadu pasukan, Kolonel Senior Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur PLA mengatakan.

Baru-baru ini, AS dan Taiwan sering berkolusi dan membuat provokasi, mengirimkan sinyal salah yang sangat melanggar kedaulatan China dan sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

“Mereka telah menjadi sumber risiko keamanan terbesar di kawasan itu,” kata Shi, seperti dikutip Global Times.

Latihan tersebut merupakan tindakan yang perlu China ambil berdasarkan situasi keamanan saat ini di Selat Taiwan dan kebutuhan untuk menjaga kedaulatan nasional negeri tembok raksasa.

“Dan, merupakan tanggapan serius terhadap campur tangan asing dan provokasi oleh pasukan kemerdekaan Taiwan,” ungkap Shi.

Komando Teater Timur PLA akan terus meningkatkan kesiapsiagaan perang dan pelatihan terkait, serta bertekad dan mampu menghancurkan setiap kegiatan separatis “kemerdekaan Taiwan”.

“Juga, dengan tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial,” imbuh Shi.

Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan (kontan)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *