Kamis , 29 Juli 2021

BIN Akui Banyak Alat Negara Disusupi Satelit Mata-mata Asing

Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto menyebut banyak peralatan yang digunakan Indonesia ditempeli satelit mata-mata pihak asing.

Hal ini diungkap Wawan saat dirinya menjadi salah satu pembicara dalam diskusi virtual yang digelar Persatuan Alumni GMNI bertajuk Pertahanan Negara dan Keamanan Nasional : Strategi, Kebijakan dan Pembangunan Sesuai Karakter Bangsa.

“Peralatan (negara) ini di antaranya juga banyak yang ditempeli satelit mata-mata oleh pihak luar,” kata Wawan dalam diskusi tersebut, Selasa (15/6).

Meski begitu Wawan tak merinci peralatan apa saja yang saat ini didompleng mata-mata asing tersebut. Dia juga tak menjelaskan secara spesifik jenis peralatan tersebut.

Menurut Wawan peralatan-peralatan ini harus segera dievaluasi. Bahkan jika perlu alat-alat ini harus segera diganti agar tak muncul permasalahan di kemudian hari. Seharusnya menjadi perhatian khusus, kata dia, agar ke depan tak terjadi kebocoran data yang berakibat fatal dalam pertahanan negara.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua bagaimana bisa menciptakan satelit sendiri sehingga tidak bergantung kepada satelit pihak lain yang akhirnya terjadi kebocoran-kebocoran,” kata Wawan.

Selain itu, Wawan juga mengingatkan agar semua pihak benar-benar bisa memperhatikan sistem keamanan nasional.

“Jadi penguasaan teknologi menjadi demikian penting supaya semua pihak memperhatikan dari sistem keamanan nasional,” kata dia.

(tst/ain)cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *