Sabtu , 28 Mei 2022

Bocoran Fitur Macbook Pro Anyar: Touch Bar hingga Magsafe

Apple disebut bakal menghilangkan touch bar pada Macbook Pro baru yang diperkirakan akan meluncur pada musim panas tahun ini. Laptop anyar itu diperkirakan akan mendapat pembaruan prosesor Apple Silicon hingga desain baru.

Perubahan lain yang ramai dibicarakan adalah dihilangkannya Touch Bardan digantikan dengan tombol fungsi tradisional. Sebelumnya, Touch Bar digunakan sebagai pengganti tombol fungsi (F1-F12) serta menampilkan tombol-tombol cepat lain sesuai dengan aplikasi yang sedang digunakan pengguna.

Berdasarkan laporan analisis DSCCC meski Touch Bar menjadi layar OLED yang paling sering digunakan ketiga di dunia, namun Apple akan tetap menghilangkan fitur ini pada MacBook Pro berikutnya.

Apple juga disebut akan menggunakan layar OLED untuk iPad generasi mendatang. Tapi disebutkan iPad berlayar OLED setidaknya baru muncul pada 2023.

“Touch Bar terus menjadi aplikasi #3 dengan 18% unit share dan 1,2% revenue share di Q1’21. Kemungkinan Touch Bar akan dilampaui oleh tablet (OLED) saat Apple meluncurkan iPad 10,9 inci. Lebih lanjut, sumber kami menyebut Apple akan menghilangkan Touch Bar di masa mendatang,” seperti dikutip 9to5 Mac. 

Sumber lain seperti Ming-Chi Kuo yang kerap memberi bocoran soal Apple dan Bloomberg juga mengamini klaim tersebut. Apple pertama kali memperkenalkan fitur Touch Bar pada 2016. MacBook Pro M1 13 inci yang dirilis tahun lalu pada akhir tahun lalu pun masih dilengkapi layar sentuh ini.

Namun, sepertinya Touch Bar tidak mendapat antusias pengguna. Orang-orang lebih memilih mengklik tombol fisik. Mereka juga merasa jauh lebih nyaman untuk menekan fungsi tanpa harus melihat ke bawah. Setelah lima tahun, tampaknya Apple akhirnya mendengarkan keluhan pengguna.

MacBook Pro anyar yang akan meluncur disebut memiliki desain baru yang mengadopsi sisi persegi di bagian atas dan bawah perangkat. Selain itu disebutkan kalau bodi laptop ini juga akan dirancang dengan desain tepi yang datar seperti iPad Pro 2018 dan di seri iPhone 12.

Dilaporkan Digital Trend, Apple juga diharapkan untuk menambahkan lebih banyak port di samping dan mengembalikan pengisian daya MagSafe. Kuo melaporkan Apple akan kembali menggunakan pengisi daya MagSafe. Tapi, hal ini tak menghilangkan kemampuan mengisi daya pada port di kiri atau kanan laptop. 

(eks)cnnindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *