Jumat , 17 September 2021

Cadangan Devisa RI Tertinggi Sepanjang Sejarah

Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa (cadev) sebesar US$14,8 miliar per Agustus 2021. Cadangan devisa RI ini menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah.
Cadev tertinggi sebelumnya sebesar US$13,8 miliar pada April 2021 lalu.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan posisi cadev ini setara dengan pembiayaan 9,1 bulan impor dan pembiayaan utang luar negeri pemerintah di atas standar kecukupan internasional tiga bulan impor.

“BI menilai cadev tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujar Erwin dalam keterangan resmi, Selasa (7/9).

Erwin menjelaskan kenaikan cadev ditopang oleh tambahan alokasi special drawing rights (SDR) sebesar 4,46 miliar SDR atau setara US$6,31 miliar dari IMF.

Diketahui, IMF menambah alokasi SDR kepada seluruh negara anggota tahun ini. Alokasi SDR didistribusikan ke negara anggota tanpa biaya.

“Hal itu untuk mendukung ketahanan dan stabilitas ekonomi global dalam menghadapi pandemi covid-19, membangun kepercayaan ekonomi, dan juga untuk mendukung cadev global,” papar Erwin.

Ia menambahkan bahwa BI menilai cadev akan tetap memadai dalam waktu mendatang.

Hal itu didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga seiring dengan respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

(aud/bir)cnnindonesia

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *