Jumat , 21 Januari 2022

Cara Cetak dan Simpan PDF Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Pengguna bisa mencetak dan menyimpan sertifikat vaksin 1 dan 2 dalam format PDF melalui situs PeduliLindungi.id.
Sertifikat vaksin akan didapat setelah seseorang mendapat suntikan vaksin tahap 1 atau tahap 2. Sertifikasi vaksin didapat oleh semua peserta vaksinasi.

Sertifikat vaksin sendiri merupakan tanda yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Sertifikat ini akan menunjukkan apakah seseorang sudah divaksin atau belum.

Sertifikat vaksin dalam bentuk kertas yang diberikan setelah selesai melakukan vaksinasi Covid-19 bisa didapat kembali dengan mengunduh (download) dan mencetak ulang sertifikat tersebut.

Penerima vaksin diimbau untuk menjaga kerahasiaan data sertifikat vaksin. Sebab, dalam sertifikat itu terdapat data pribadi seperti nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikasi vaksin, tanggal pelaksanaan vaksin, disertai kode QR. Peserta diminta untuk tidak menyebarluaskan sertifikat vaksin itu lewat media sosial.

Sertifikat vaksin online bisa didapat lewat aplikasi PeduliLindungi atau lewat situs web resmi Peduli Lindungi di https://pedulilindungi.id/.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengecek, download, dan cetak sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 lewat situs Peduli Lindungi sebagai berikut:

1. Untuk dapat menampilkan sertifikat vaksin di situs ini, Anda harus login terlebih dulu. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

2. Sebaiknya, login dulu nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel.

Sebab jika salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

Berikut cara untuk menyimpan sertifikat vaksin dengan format PDF dan cara mencetaknya di laman PeduliLindungi.

Setelah melakukan login dengan data yang tepat, maka sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 bisa dilihat, diunduh dan dicetak dengan cara berikut:

1. Klik Login/ Register di sudut kanan atas situs.

2. Jika sudah memiliki akun, klik Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun PeduliLindungi.

3. Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.

4. Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas

5. Lantas pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu “Sertifikat Vaksin”, lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.

6. Anda bisa download sertifikat vaksin tersebut dengan cara klik pada sertifikat yang dimaksud kemudian klik “Unduh Sertifikat”

7. Untuk mencetak atau menyimpannya dalam format PDF, bisa dilakukan dengan cara klik pada sertifikat vaksin. Kemudian tekan crtl+p.

8. Selanjutnya, pada kolom “Tujuan” pilih “Simpan sebagai PDF”.

9. Sedangkan untuk mencetak, pada kolom “Tujuan” pilih “Microsoft Print to PDF” kemudian klik “Cetak”. PC atau laptop harus terhubung dengan printer.

10.Atau Anda dapat mencetaknya dari file unduhan yang ada di Galeri ponsel, kemudian dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer.

Demikian cara untuk menyimpan sertifikat vaksin dengan format PDF dan cara mencetaknya di laman PeduliLindungi.

(mrh/eks)cnnindonesia

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *