Selasa , 5 Juli 2022

Cegah Klaster Keluarga, Satgas Minta Angota Keluarga Saling Mengingatkan

Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Sonny Harry Harmadi, mengatakan bahwa saat ini banyak penularan COVID-19 yang terjadi di lingkungan keluarga. Hal ini dikarenakan penerapan protokol kesehatan sulit diterapkan terutama ketika berada di dalam rumah. Selain itu terdapatnya anggota keluarga yang masih beraktifitas di luar rumah menjadi faktor munculnya klaster penularan COVID-19 antar anggota keluarga.

“Ini yang menjadi titik lengah yang menyebabkan terjadinya transfusi atau penularan di luar yang akhirnya berdampak terhadap keluarga” ujar Sonny dalam siaran di Radio Kesehatan pada Rabu (23/2)

Sonny mengatakan, untuk mencegah terjadinya klaster keluarga, anggota keluarga harus saling mengingatkan satu dengan lainnya agar tetap menjalankan protokol kesehatan sesama berada di luar rumah. Selain itu orang tua harus menjadi contoh dan teladan yang mengedukasi bahwa pentingnya protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di luar rumah kecil apapun itu. Kemudian terapkan gaya hidup sehat yang saling mendukung. Masyarakat di dorong untuk bisa melakukan self assessment tentang apa yang harus dilakukan untuk bisa terhindar dari penyakit menular.

“Masyarakat sudah bisa melakukan screening mandiri. Begitu mereka butuh pakai masker maka mereka akan pakai masker” kata Sonny

Ia mengatakan meski saat ini mayoritas masyarakat sudah divaksin tetapi memiliki respon imun yang berbeda. Maka dari itu penerapan protokol kesehatan masih penting dilakukan.

Sonny menambahkan saat ini terjadi peningkatan tingkat kepatuhan penerapan memakai masker pada Februari 2022. Berdasarkan data, pada bulan Februari tingkat kepatuhan menggunakan masker berada di angka 8.09 dari 10. Hasil ini lebih lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil pemantauan pada bulan Januari yaitu sebesar 7.08 dari 10. Sonny mengatakan penurunan penggunaan masker terjadi ketika memasuki masa libur panjang seperti pada Mei dan Desember 2021.

Sumber: Talkshow Radio Kesehatan Via Radio Suara Celebes FM Makasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *