Kamis , 7 Juli 2022

Cerita Jason Moore, Edit Ratusan Artikel Wikipedia Meski Tak Dibayar

Jason Moore boleh jadi bukanlah penulis atau editor terkenal. Namun andilnya di balik menyebarkan ilmu pengetahuan lewat Wikipedia tak bisa disepelekan.
Moore adalah salah satu dari 50 editor paling aktif di Wikipedia. Ia pun kerap berlomba dengan editor lain untuk menulis sebuah artikel di Wikipedia.

Padahal, Moore tak menerima bayaran sepeser pun. “Ini adalah hobi,” kata Moore kepada CNN Business.

“Terkadang saya menghabiskan banyak waktu untuk menyelami dan menyempurnakan artikel, tetapi di lain waktu saya menulis satu atau dua kalimat untuk membuat bola bergulir dan melihat editor lain memperbaiki pekerjaan saya. Saya mendapatkan banyak kepuasan dari penanaman benih dan melihatnya berkembang dari waktu ke waktu,” lanjutnya.

Moore tinggal di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS). Ia telah menulis hampir 500 ribu editan di Wikipedia dalam 15 tahun terakhir. 

“Saya memiliki lebih banyak waktu ketika kami dilockdown sehingga saya dapat mendedikasikannya untuk membuat tulisan Wikipedia yang berkualitas,” katanya.

Moore bukan satu-satunya yang berkontribusi terhadap Wikipedia. Lane Rasberry mengatakan ada juga daya tarik dari mereka yang terlibat dalam pemberitaan breaking news di Wikipedia.

“Dianggap keren jika Anda orang pertama yang membuat artikel, apalagi jika Anda melakukannya dengan baik dengan kontribusi berkualitas tinggi,” kata Rasberry yang bekerja di School of Data Science di University of Virginia dan menjadi editor sukarelawan Wikipedia selama 10 tahun.

“Sama seperti ketika seorang selebriti meninggal, ada terburu-buru untuk pergi ke Wikipedia dan mengubah [tanggal] kematian mereka. Orang-orang suka menjadi yang pertama … dan juga memberikan dampak,” imbuhnya.

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka. Platform ini dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Florida, Amerika Serikat.

Meski Wikipedia tidak memiliki staf jurnalis profesional, Wikipedia dipandang sebagai sumber otoritatif oleh sebagian besar publik. Bahkan beberapa platform media sosial besar menjadikan Wikipedia sebagai rujukan untuk pengecekan fakta.

Moore mengatakan, para editor berkomitmen untuk menjaga Wikipedia tetap terpercaya. Salah satu contohnya adalah dengan mengadakan pertemuan antar-editor. “Kami seperti semut. Anda berpikir bagaimana bisa mencocokan diri dan bisa membantu,” kata Moore.

(lom/lth)

kutipan : cnnindonesia.com

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *