Sabtu , 19 Juni 2021

Duel Sengit Hayden vs Rossi 11 Tahun Silam

Nicky Hayden bakal terus dikenang di dunia balap karena satu alasan. Pebalap Amerika Serikat itu mampu memutus dominasi Valentino Rossi 11 tahun silam.

Hayden merupakan juara dunia MotoGP 2006. ‘Si Bocah Kentucky’ saat itu memutus dominasi Rossi yang merupakan juara di lima musim sebelumnya.

Hayden yang memulai musim kurang bagus, harus menunggu hingga seri terakhir untuk bisa memastikan gelar juara. Dia mengalahkan The Doctor di MotoGP Valencia.

Hayden sempat memuncaki klasemen sejak seri ketiga, namun kehilangan posisinya saat tampil di MotoGP Portugal atau dua seri jelang tutup musim.

Rossi mengambil alih klasemen usai finis kedua di Portugal, di saat Hayden justru gagal meraup poin lantaran crash akibat disenggol rekan setimnya di Honda, Dani Pedrosa, yang tergelincir.

Memasuki seri terakhir, Hayden tertinggal delapan poin dari Rossi yang punya poin 244. Selanjutnya, drama di Valencia pun terjadi.

Hayden yang start dari posisi lima, ditaksir bakal kalah dari Rossi yang berhasil merebut pole. Namun Tuhan berkehendak lain, Rossi malah terjatuh saat balapan baru mencapai lima lap.

Hayden yang bisa tampil konsisten, akhirnya mampu finis ketiga dan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Hayden mengoleksi 252 poin di klasemen akhir, unggul lima angka dari Rossi yang saat itu finis di peringkat 13.

“Saya cuma bersungguh-sungguh, ini sangat membanggakan. Anda bermimpi menjadi juara dunia dan mendedikasikan seluruh hidup Anda untuk hal tersebut, so ketika terwujud ini sesuatu yang sangat spesial,” ucap Hayden dikutip BBC.

“Saya mungkin tidak selalu jadi yang tercepat, tapi di setiap balapan saya berusaha sekuat tenaga,” tambahnya.

Hayden pun jadi juara dunia untuk pertama kalinya. Dia juga jadi rider ‘Negeri Paman Sam’ terakhir yang bisa memenangkan kejuaraan balap motor kelas tertinggi hingga saat ini.

Persaingan Hayden dan Rossi saat itu disebut-sebut pertarungan terbaik di era kelas balapan tertinggi. “Ini adalah musim yang paling menghibur,” tutur jurnalis BBC Steve Parrish yang saat itu meliput kejuaraan MotoGP 2006.

Pada Senin (22/5/2017), Hayden meninggal di Rumah Sakit Maurizio Bufalini usai koma selama beberapa hari lantaran mengalami kerusakan otak akibat ditabrak mobil pekan lalu.

Hayden pun meninggal dengan memberi kenangan hebat, yakni bisa memutus dominasi Rossi, rival sekaligus sahabatnya. Selamat jalan, Nicky!

(detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *