Minggu , 28 November 2021

Fakta CEO Apple Tim Cook, Tinggal di Rumah Sederhana dan Lebih Pilih Beli Baju Diskon

CEO Apple, Tim Cook, terkenal sebagai miliarder yang sederhana dan cukup rendah hati. Cook menghabiskan jutaan dolar miliknya untuk hal-hal yang penting saja.

Menjadi CEO sebuah perusahaan senilai lebih dari USD1 triliun, Tim Cook memiliki kehidupan yang relatif sederhana. Dia memiliki minat di alam bebas dan suka menghabiskan uangnya untuk beramal.

Sebagai seorang putra pekerja galangan kapal dan karyawan apotek, Cook, mengklaim bahwa uang tidak pernah menjadi motivasi baginya. Dia suka menjalani hidupnya secara pribadi dan membeli pakaian diskon daripada mengeluarkan jutaan.

Cook memiliki berbagai sumber pendapatan selain dari Apple, dan dia menghabiskan kekayaannya yang bernilai miliaran dolar dengan terkadang menghadiahi dirinya sendiri.

Mari lihat bagaimana Tim Cook menghasilkan dan membelanjakan jutaan dolarnya seperti dilansir dari The Richest, Sabtu (6/11).

1. Penghasilan dari Saham Apple

Tahun pertamanya sebagai CEO Apple, Cook memiliki gaji tahunan sebesar USD900.000, yang relatif rendah dibandingkan dengan penghasilan Eksekutif di Amazon, Tesla, dan Facebook. Pada 2017, gajinya meningkat menjadi USD3 juta per tahun.

Selain gajinya, CEO juga memiliki saham di perusahaan tersebut. Seperti dilansir Forbes, ia memiliki 3,3 juta saham yang merupakan kurang dari 1 persen saham. Cook telah menerima 5 juta saham, di mana ia menjual 1,7juta dan menghasilkan USD750 juta, yang merupakan jumlah yang memenuhi syarat menurut Perjanjian 2011 yang dibuat antara dia dan Steve Jobs.

2. Penghasilan dari Anggota Direksi

Di organisasi Tim Cook selalu lebih dari sekadar wajah Apple. Pada tahun 2005, merek peralatan atletik terkemuka Nike mengangkatnya menjadi Dewan Direksi. Pada tahun 2016, Nike memperluas peran Cook dan menjadikannya sebagai Lead Independent Director.

Dia memiliki pendapatan tahunan sebesar USD85.000 per tahun dengan USD3,4 juta dalam opsi saham. Tim Cook dikenal karena kecintaannya pada kebugaran. Dia lebih suka hiking dan bersepeda daripada berlayar di kapal pesiar.

Dia menggabungkan kecintaannya pada olahraga dan kebugaran dan menjadi anggota Dewan Direksi National Football Foundation pada Februari 2010. Dia adalah pendukung aktif organisasi nirlaba dan membagikan prestasi mereka di akun media sosialnya.

3. Penghasilan dari Wali Universitas

Setelah menyelesaikan Sarjana Teknik Industri di Auburn University, Cook menyelesaikan MBA pada tahun 1988 di Duke University sebagai Fuqua Scholar. Cook tidak mengetahui bahwa dia akan diminta untuk menjadi Anggota Wali Amanat Duke University pada tahun 2015. Cook dengan murah hati menerima tawaran itu dan terpilih untuk perjanjian enam periode. Cook dan 36 anggota lainnya bertanggung jawab atas kebijakan fiskal dan misi pendidikan Universitas.

4. Pengeluaran untuk Real Estat

Salah satu properti Tim Cook adalah kondominium sederhana di Palo Alto, California. Dengan sedikit lebih dari 2.000 kaki persegi ruang, rumah ini memiliki empat kamar tidur, tiga kamar mandi, dan halaman belakang kecil.

Rumah itu terlihat kecil tetapi nyaman, dan Cook membelinya seharga USD1,9 juta, tetapi nilai rumah itu telah meningkat menjadi USD3,3 juta sejak saat itu. Jauh sebelum COVID melanda dunia, Cook telah melakukan pembelian anonim untuk sebuah rumah di La Quinta di Madison Club, rumah bagi beberapa selebritas.

Pada September 2021, terungkap bahwa Tim Cook telah membeli properti itu seharga USD10,1 juta. Rumah tersebut merupakan peningkatan besar dari rumahnya di Palo Alto dengan area seluas 10.000 kaki persegi dalam nuansa cokelat dan krem, seperti yang dinyatakan oleh Dirt.

Rumah itu memiliki enam kamar tidur dan lima kamar mandi dan kolam renang, ruang bar, stasiun BBQ, dan dapur Butler. Beberapa tetangganya yang terkenal adalah Cindy Crawford, Kris Jenner, dan pendiri Nike Phil Knight.

5. Pengeluaran untuk Biaya Perjalanan

Tim Cook harus sering bepergian untuk bekerja. Menurut Drive Tribe, Apple menghabiskan lebih dari USD400.000 untuk biaya perjalanan jet pribadi Cook pada tahun 2020. Pengeluaran ini termasuk biaya pendaratan dan keberangkatan, biaya penerbangan per jam, dan bahan bakar.

Untuk perjalanan non-kerjanya, Cook mengetahui rahasia kehidupan pribadinya. Satu-satunya perjalanannya yang diketahui adalah ke New York Stock Exchange pada tahun 2016 dengan keponakannya. Cook suka hiking di berbagai tempat, seperti Taman Nasional Yosemite.

6. Pengeluaran untuk Yayasan Amal

Tim Cook adalah seorang filantropis terkenal. Dia telah membantu banyak badan amal dan memberikan sumbangan ke berbagai dana selama bertahun-tahun. Pada tahun 2014, Cook keluar sebagai gay dan menjalani kehidupan menyendiri sejak saat itu.

Karena dia tidak memiliki anak sendiri, CEO berencana untuk menyumbangkan semua kekayaan bersihnya untuk amal kecuali menyimpan sebagian kecil untuk membayar biaya pendidikan keponakannya, seperti yang dicatat oleh The Guardian.

Selama pandemi, Cook memberikan beberapa sumbangan ke badan amal untuk membantu orang-orang yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan. Dia membuat dua sumbangan masing-masing senilai USD5 juta dan USD2 juta, untuk badan amal yang tidak disebutkan namanya.

  [bim]

Reporter : Anggun P. Situmorang (merdeka)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *