Minggu , 19 September 2021

Indonesia ‘Mendamaikan’ Korsel dan Korut di Polandia

Indonesia berhasil ‘mendamaikan’ Korea Selatan dan Korea Utara. ‘Perdamaian’ itu terjadi dalam acara yang digelar di Kementerian Luar Negeri Polandia, Sabtu (13/1) lalu.

Lewat akun Instagram-nya, Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter F. Gontha berbagi foto Duta Besar Korea Selatan dan Korea Utara yang saling bersalaman.

“Saya minta Dubes Korsel (kiri) dan Korut (kanan) salaman ditengahi Dubes RI, mereka tertawa terbahak-bahak senang dan minta fotonya,” tulis Peter di akun Instagramnya.

“Kita perlu perdamaian di dunia. Ternyata dua-dua mereka lego dan senang. Jadi sebetulnya these two brother countries will always be brothers despite how the world look at them. (dua negara bersaudara akan selalu bersaudara meski apapun yang dilihat dunia atas mereka),” tulis Peter.

Peter, pionir pertelevisian komersial di Indonesia itu menuturkan Dubes Korea Selatan di Polandia mengaku bahwa untuk pertama kalinya dia dan dubes Korut berbicara dalam bahasa Korea.

“Saya katakan, Indonesia selalu menjadi negara yang menginginkan perdamaian, dan Anda berdua adalah saudara kami di Asia. Mereka cukup terharu,” tulis Peter.

Kementerian Luar Negeri Polandia pun meminta dikirim foto tersebut. Lantaran foto ‘bersejarah’ itu terjadi di acara Kementerian Luar Negeri Polandia. Adapun fotografernya adalah staf KBRI Polandia.

Korea Selatan dan Korea Utara terpisah sejak Perang Korea. Namun hingga kini secara teknis kedua negara masih dalam kondisi perang, lantaran belum ada kesepakatan perdamaian.

Pekan lalu, isyarat perdamaian mulai bersinar setelah delegasi tingkat tinggi kedua negara bertemu di Desa Pamunjom, perbatasan Korsel-Korut di Zona Demilitarisasi. Kedua negara juga sepakat untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi lanjutan.

cnnindonesia.com (natalia santi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *