Kamis , 6 Mei 2021

iPhone 8 akan Jadi Ponsel Terkencang Sejagat?

iPhone 8 memang belum dirilis oleh Apple. Tapi kinerja ponsel ini diklaim akan jadi yang tercepat sejagat.

Klaim tersebut bukan tanpa dasar. Sebuah bocoran memperlihatkan hasil pengujian benchmark prosesor A11 yang kabarnya akan digunakan iPhone terbaru.

Adapun yang membocorkannya bernama Ice Universe. Awalnya dia memposting di laman Weibo. Tidak lama berselang ia mempostingnya kembali di Twitter.

Ice Universe bukan kali pertama mengungkap soal prosesor A11. Sebelum menampilkan hasil benchmark, seminggu sebelumnya dia mengungkap spesifikasi prosesor tersebut.

Disebutkan prosesor A11 akan mentenagai iPhone 8 dengan kecepatan 3 GHz. Selain itu prosesor ini akan dilengkapi teknologi Heterogeneous Multi-Processing, di mana memungkinkan semua core yang ada di prosesor dapat digunakan secara simultan.

Kembali ke hasil benchmark, Ice Universe melakukan pengujian menggunakan Geekbench 4. Ada dua hasil pengujian, masing-masing menampilkan skor tes single core dan multi core.

Pengujian pertama, iPhone 8 meraih skor 4.600 (single core) dan 8.500 (multi core). Pengetesan kedua hasilnya 4.300 (single core) dan 7.000 (multi core).

Ice Universe memberikan catatan kenapa hasil pengujian berbeda. Ini dikarenakan penggunaan clock yang berbeda pada saat pengujian.

Kendati hasil pengujian kedua lebih rendah, tetap saja nilai tersebut lebih tinggi ketimbang ponsel lain yang ada di muka bumi saat ini. Pasalnya raihan iPhone 8 tersebut mampu mengalahkan iPhone 7 Plus yang mencetak skor 3.331 (single core) dan 5.538 (multi core).

Ponsel baru Apple juga berhasil menyalip ponsel Android terkencang saat ini, yakni Galaxy S8. Ponsel besutan Samsung itu menorehkan nilai 1.966 (single core) dan 6.502 (multi core).

Tapi klaim iPhone 8 sebagai ponsel terkencang sejagat bisa saja gugur, sebab ke depan akan ada dua ponsel yang mengusung spesifikasi mumpuni. Kedua ponsel tersebut Galaxy Note 8 dan Google Pixel 2. Konon keduanya bakal mengusung prosesor terkencang Qualcom, yaitu Snapdragon 836.

Ya, kita lihat saja nanti ketika tiga ponsel ini sudah dirilis dan diujicobakan, siapa yang tampil tercepat. Galaxy Note 8 akan dirilis Agustus ini, selang sebulan kemudian disusul Phone 8, dan diikuti Pixel 2. Nah, kalo menurut prediksi kamu, siapa yang bakal punya kinerja paling ngebut?

(detik.com-afr/yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *