Jumat , 27 Mei 2022

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Minta Masyarakat Kurangi Mobilitas

Pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada di tengah lonjakan kasus Covid-19. Salah satu caranya, tidak bepergian keluar negeri, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

“Jumlah kasus konfirmasi (Covid-19) harian cenderung meningkat. Ini pengingat bagi kita bahwa Covid-19 masih ada, penularan masih terus terjadi di sekitar kita,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate melalui keterangan tertulis, Senin (17/1).

Menurutnya, mobilitas masyarakat di Tanah Air meningkat. Kondisi ini ikut memicu meningkatnya penularan Covid-19.

Sejak awal Januari 2022, kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat dari sebelumnya hanya 500 per hari, kini mencapai lebih dari 800. Data 15 Januari 2022, kasus Covid-19 bertambah 1.054, kemudian pada 16 Januari 2022 naik 855.

“Meningkatnya aktivitas masyarakat serta bertambahnya mobilitas, tidak bisa dimungkiri memicu potensi penyebaran virus. Ini kita ketahui bersama,” ujarnya.

Kendalikan Laju Penularan

Johnny menyebut, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk mengendalikan laju penularan Covid-19. Di antaranya, membatasi mobilitas dan mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan jika harus melakukan perjalanan.

Dia berharap semua pihak dapat menjalankan peran masing-masing dalam upaya pencegahan lonjakan kasus Covid-19.

“Tetap waspada dan wujudkan kewaspadaan itu dalam tindakan nyata. Kita tidak ingin lonjakan kasus kembali terjadi,” katanya.

[yan]

Reporter : Supriatin (merdeka)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *