Kamis , 29 Juli 2021

Ke Mana Jokowi Bawa Kapal Besar Relawan Berlabuh?

Panasnya Pilpres 2024 sampai menarik perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arahan kepada para relawan diberikan politikus PDIP itu.

Bukan tanpa alasan Jokowi memberi aba-aba kepada relawannya. Jokowi mengaku sudah sering mendapat pertanyaan mengenai Pilpres 2024 dari para relawannya.

“Beberapa minggu terakhir ini saya banyak ditanya oleh relawan, oleh relawan Jokowi di mana-mana. Mereka bertanya kepada saya, Pak, apa arahan Bapak kepada kami menghadapi Pilpres 2024. Kemudian bertanya lagi apa yang harus kita lakukan. Pertanyaan berikut masa kita diam saja, Pak?” kata Jokowi dalam sambutan Rapat Pimpinan Nasional Relawan Seknas Jokowi seperti ditulis Senin (14/6/2021).

Jokowi meminta segenap relawan yang telah mengantarkannya menjadi presiden 2 periode sabar. Dia tahu relawannya kini mulai ditarik-tarik para kandidat di Pilpres 2024.

“Saya tahu relawan Jokowi, termasuk Seknas Jokowi ini seksi, seksi, pasti akan ditarik-tarik ke sana kemari oleh para calon yang ingin maju pada pemilihan presiden 2024. Akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati,” ujar Jokowi.

“Kenapa begitu, karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan mengantarkan saya menjadi presiden republik Indonesia 2 periode. Bener nggak?” imbuhnya.

Jokowi menegaskan saat ini adalah momen yang tepat untuk mempelajari peta politik. Ada masanya dia akan membawa kapal besar relawan Jokowi melabuhkan dukungan.

“Saya melihat masih ada waktu yang cukup untuk melakukan itu semuanya.Dan sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik-tarik untuk mendukung A, sudah ada yang dirayu-rayu untuk mendukung si B, dan dirangkul oleh si C dan sebagainya tapi mash lebih banyak lagi relawan yang masih menunggu,” ujar Jokowi.

“Nanti pada saatnya saya akan berbicara, saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan,” imbuh Jokowi.

Analisis pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, ada dua kandidat pelabuhan baru kapal besar Relawan Jokowi, yakni Prabowo Subianto atau Anies Baswedan.

Hendri menilai pernyataan Jokowi itu memperterang maksud dan tujuan mengapa Relawan Jokowi sampai saat ini belum dibubarkan. Dia melihat Jokowi ingin relawannya meneruskan pembangunan yang telah dilakukan selama dua periode menjadi presiden.

“Waktu itu kan sempat ada omongan ‘capres Istana’ dan ‘bukan capres Istana’. Nah ini sinyal keduanya Pak Jokowi ini. Jadi nanti dia akan me-list siapa calon presiden yang akan dipercaya sama dia untuk meneruskan pembangunannya dia lah. Nah suara relawan itu akan didorong ke sana, akan diminta Pak Jokowi untuk memenangkan si calon ini,” sebut Hendri.

Hendri menilai pelabuhan selanjutnya kapal besar Relawan Jokowi adalah tokoh yang sampai saat ini memiliki elektabilitas tinggi. Dia melihat Prabowo dan Anies memenuhi syarat tersebut.

“Jadi, menurut prediksi saya, minimal di antara dua orang yang terus masuk atau memiliki elektabilitas tertinggi sampai saat ini. Jadi kalau tebakan saya antara Prabowo dan Anies Baswedan,” terangnya.

Tim detikcom – detikNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *