Sabtu , 28 Mei 2022

Kominfo Siapkan Regulasi terkait Identitas Digital Indonesia

Identitas digital semakin banyak digunakan seiring dengan perkembangan teknologi. Khusus di tahun 2022, identitas digital punya arti penting. Tahun ini menjadi tahun akselerasi transformasi digital di Indonesia sesuai roadmap digital Indonesia.

Kondisi ini juga didukung oleh terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah G20 dengan tiga agenda utama di sektor ekonomi digital, yakni pemulihan dan konektivitas pasca-Covid-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara yang terpercaya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan inovasi seperti identitas digital ini selaras dengan apa yang diangkat Indonesia dalam Presidensi G20.

“Ke depan, Kominfo akan terus menyiapkan regulasi yang berkaitan dengan pertumbuhan identitas digital Indonesia, membangun ekosistem digital berbasis digital trust, dan juga melakukan penguatan SDM digital dalam negeri,” kata Semuel, Rabu, 2 Februari 2022.

Semakin  bertumbuhnya transformasi digital di Indonesia, rasa percaya (trust) menjadi hal fundamental yang wajib diberikan oleh para stakeholder seperti perusahaan teknologi dan pemerintah kepada konsumen.

“Studi kami dari beberapa negara, sertifikat elektronik menjadi sebuah keniscayaan untuk direalisasikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital,” ujar Semuel.

Identitas digital tersebut dapat digunakan dalam berbagai transaksi, seperti dalam pembelian barang secara online, membuka rekening bank atau industri keuangan lainnya. Semuel kemudian memberi contoh beberapa negara yang menggunakan identitas digital untuk menjalankan programnya.

Di India, pada Oktober 2020, pemerintah telah melakukan transfer bantuan tunjangan tunai kepada 47 juta penerima. Nilainya sebesar 140 miliar INR dan melalui 400 skema di bawah 56 kementerian.

SemueI juga mencontohkan Australia, untuk kasus pengurangan potensi pemalsuan identitas di sana terdapat kriteria berlapis untuk memverifikasi identitas digital seseorang, termasuk kode unik perangkat, password, karakteristik biometrik, dan pola perilaku.

Sistem identitas digital Australia, myGovID, menggunakan sistem verifikasi yang menyeluruh sehingga memastikan kebenaran identitas masyarakat dalam mengakses sertifikat vaksin Covid-19 dan menggunakan e-wallet.

Reporter: Maria Fransisca Lahur Editor: Erwin Prima (tempo)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *