Senin , 18 Oktober 2021

Masyarakat Minta Penyederhanaan Golongan Dipercepat

DIREKTUR Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir menyebutkan banyak masyarakat yang menginginkan wacana penyederhanaan penggolongan tarif listrik dipercepat pelaksanaannya.

“Itu banyak yang salah tangkap, belum paham. Tanggapan masyarakat bagus, kok. Malah banyak yang minta dipercepat pelaksanaannya, (padahal) ini belum sosialisasi karena kami masih memberikan wacana dulu,” kata Sofyan Basir seperti dikutip Antara seusai menghadiri Rapat Koordinasi Kementerian BUMN di Bengkulu, kemarin.

Ia juga menyatakan tidak ada kenaikan tarif listrik terkait dengan rencana penyederhanaan golongan pelanggan listrik rumah tangga nonsubsidi yang sedang dibahas bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sofyan juga mengatakan pemerintah berupaya agar masyarakat tidak dikenai biaya untuk penambahan daya listrik dalam penyederhanaan golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA.

Semua golongan tersebut akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA.

Sofyan menjelaskan pihaknya bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan masih menggodok perhitungan biaya untuk penambahan daya listrik, termasuk komponennya, yakni penggantian miniature circuit breaker (MCB).

“Kami lagi berhitung, permisi dulu sama Pak Jonan. Nanti ketentuannya ada. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Penyederhanaan hanya berlaku bagi pelanggan dengan golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA.

Semua golongan tersebut akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA.

Untuk golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 13.000 VA.

Adapun golong-an 13.000 VA ke atas dayanya akan di loss stroom, yakni tidak ada batasan daya sehingga konsumen bisa menggunakan listrik sebanyak yang dibutuhkan.

Pulau Jawa menjadi fokus dalam melaksanakan upaya tersebut sebab dirasa infrastrukturnya sudah memadai.

Sofyan pun menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir suatu saat terjadi pemadaman listrik karena ia menjamin kapasitas listrik PLN cukup untuk melayani sambungan listrik pelanggan apabila daya sudah ditingkatkan.

mediaindonesia.com (e-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *