Jumat , 17 September 2021

Minggu Ini Nasib Trump Sebagai Presiden Kembali Digoyang

Donald Trump

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) pada Rabu (15/1/2020) akhirnya mengirim artikel-artikel pemakzulan (impeachment) terhadap Presiden Donald Trump ke Senat.

Dengan dikirimnya artikel persidangan dari lembaga yang dikuasai Partai Demokrat itu, pemakzulan Trump di Senat AS yang dikuasai partai pendukung Trump, Republik, akan segera dilakukan.

Bahkan agenda sudah dijadwalkan. Rencananya Selasa (21/1/2020) besok, Trump persidangan segera dimulai. Pada Jumat (17/1/2020), Gedung Putih pun sudah menunjuk anggota tim pertahanan Presiden Trump. Lalu bagaimana proses akan berlangsung pekan ini:

20 Januari
-Senat akan merespons semua data dari DPR AS terkait persidangan pemakzulan

-Sementara Trump memiliki waktu hingga sore untuk memberi detil materi kepada pengacara pembelanya dalam persidangan.

21 Januari
-Jika Gedung Putih memutuskan mengajukan briefing persidangan, Senat akan memberikan sanggahan di sore harinya.
-Persidangan diperkirakan akan berlanjut hingga enam hari ke depan.
-Pemungutan suara akan diadakan atas keputusan Pemimpin Senat, Mitch McConnell, dari Partai Republik. Ia akan bertindak mengatur fase pertama persidangan.
-DPR AS yang dikuasai Demokrat, akan membentuk tim penuntut umum. Mereka-lah yang akan mulai mengajukan pasal-pasal tuntutan kepada Trump.
-Tim hukum presiden akan merespons. Sementara anggota senat akan duduk sebagai juri.
-Para senator kemudian akan diberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing pihak.

Akhir Januari

Partai Demokrat, oposisi Trump, akan mendorong pemanggilan saksi ke persidangan. Para anggota Senat akan memberikan suara, apakah memperkenankan saksi dari Demokrat.

4 Februari
Trump dijadwalkan untuk memberikan pernyataannya kepada Senat AS.Sebelumnya proses pemakzulan Trump sudah resmi di DPR AS. Karena menganut konsep bikameral, pemakzulan tetap harus disetujui Senat AS.

sumber : cnn Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *