Kamis , 21 Oktober 2021

Muncul Aplikasi Palsu Samsung, Telah Diunduh 10 Juta Pengguna

 

play store

Lebih dari sepuluh juta pengguna telah menginstal aplikasi palsu “Updates for Samsung” do Google Play Store. Aplikasi ini menjanjikan pembaruan firmware Samsung.

Namun alih-alih memberikan pembaruan firmware, aplikasi ini akan mengarahkan pengguna ke situs berisi iklan dan meminta bayaran untuk pembaruan tersebut. Untungnya, tidak ada aplikasi malware berbahaya yang ikut disisipkan lewat aplikasi tersebut.

“Saya telah mengontak Google Play Store dan meminta mereka untuk mempertimbangkan mengganti aplikasi ini,” jelas Aleksejs Kuprins, analis malware dari Grup Keamanan CSIS dalam wawancara kepada ZDnet.

Aplikasi ini mengambil keuntungan akibat sulitnya mendapat firmware dan pembaruan sistem operasi untuk ponsel Samsung. Kuprins memperkirakan banyaknya yang mengunduh aplikasi ini karena mereka kebingungan dengan prosedur pembaruan sistem operasi.

“Pengguna mungkin merasa kebingungan dengan prosedur pembaruan (sistem). Sehingga membuat kesalahan untuk mengunduh pembaruan sistem di toko aplikasi resmi.”

Dalam penjelasannya, Update for Samsung ini menjanjikan bahwa kesulitan pembaruan ini bakal terselesaikan hanya dengan mengunduh aplikasi tersebut.

Tapi Kuprins menjelaskan bahwa aplikasi ini sebenarnya hanya menipu. Aplikasi ini tak memiliki hubungan dengan Samsung. Dari kolom komentar, terdapat ratusan keluhan yang menyebut kalau mereka tidak menemukan apa yang mereka inginkan. Selain itu, banyak juga yang mengeluh kalau aplikasi ini kerap tidak bekerja.

Ketika bisa digunakan, apliaksi akan menampilkan file permbaruan firmware Samsung asli yang gratis dan berbayar. Tapi ketika kode sumbernya digali lebih dalam, Kuprins menyebut apliaksi itu mencekik kecepatan internet jadi 56 KBps. Selain itu, sejumlah unduhan firmware gratis yang disediakan, berakhir dengan pesan “time out“.

Dalam pernyataannya kepada Forbes, pembuat aplikasi ini, Updato menyebut aplikasi ini mereka buat untuk komunitas yang gemar melakukan modifikasi dengan ponsel mereka.

Database di aplikasi “Update for Samsung” yang dibuat Updato memudahkan “mereka untuk menemukan firmware yang tersebar di berbagai lokasi dari berbagai versi, untuk berbagai perangkat. Sehingga membantu menghemat berjam-jam waktu para pemodifikasi untuk menemukan pencarian file-file tersebut. (eks/eks)

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *