Sabtu , 28 Mei 2022

Polisi Segera Sosialisasi Perubahan Warna Pelat Kendaraan Pribadi Jadi Putih

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam waktu dekat akan segera mengubah warna pelat nomor kendaraan pribadi. Di mana warna dasar hitam menjadi putih dan angka serta abjad berwarna hitam.

Diregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mengatakan, selain perubahan warna, pelat juga akan dipasang chip khusus atau Radio Freguency Identification (RFID). Namun, belum disebutkan kapan penerapan itu diberlakukan.

“Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat kendaraan pribadi (pelat nomor) dari semula hitam menjadi putih dan dipasang chip khusus atau Radio Freguency Identification (RFID),” katanya sebagaimana dilansir dalam akun Instagram @divisihumaspolri, Senin (24/1).

Menurutnya, perubahan warna pelat nomor kendaraan menjadi putih bertujuan agar kamera ETLE bisa menangkap secara jelas.

” Perubahan pelat dasar hitam menjadi putih dengan tulisan hitam ini mengikuti Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021,” ujarnya.

Pemberlakuan akan dilakukan secara bertahap. Untuk awalnya, akan dilakukan proses sosialisasi kepada masyarakat.

“Pemberlakuan perubahan warna plat nomor kendaraan dan pemasangan chip ini akan dilakukan secara bertahap dengan diawali tahap sosialisasi,” pungkas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.[fik]

Reporter : Ronald (merdeka)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *