Jumat , 17 September 2021

Polres Gowa Larang Pendakian Gunung Bawakaraeng saat HUT RI 17 Agustus

Kepolisian Resor Gowa akan menutup akses jalur pendakian menuju Gunung Bawakaraeng saat momen perayaan HUT ke-76 RI. Penutupan akses tersebut berdasarkan surat edaran Bupati Gowa terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Gowa, Ajun Komisaris Polisi Mangatas Tambunan mengimbau kepada pendaki maupun kelompok pecinta alam untuk tidak memaksakan kehendak melakukan pendakian untuk merayakan hari kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng dan juga Danau Tanralili. Polres Gowa akan menutup akses menuju ke Gunung Bawakaraeng dan Danau Tanralili.

“Polres Gowa mengimbau kepada seluruh pecinta alam yang berencana akan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Gunung Bawakaraeng dan Danau Tanralili di Kabupaten Gowa tidak memaksakan kehendak,” ujarnya kepada wartawan di Mapolres Gowa, Jumat (13/8).

Mangatas mengaku penutupan akses tersebut berdasarkan surat edaran Bupati Gowa Nomor: 443/207/Tapem tentang PPKM Level 3 masa pandemi Covid 19 pada poin 15. Ia mengatakan Polsek Tinggimoncong dan Tompobulu bersama aparat gabungan Satgas Covid-19 akan mendirikan posko penyekatan.

“Untuk mengantisipasi antusias wisatawan khususnya para pecinta alam, kami mendirikan 4 posko penyekatan di berbagai jalur poros maupun jalur alternatif,” kata dia.

Mangatas menegaskan pihaknya akan memutarbalikkan pecinta alam atau warga jika tetap ngotot melakukan kunjungan ataupun pendakian. “Daripada diputarbalikkan saat akan memasuki lokasi di kecamatan Tinggimoncong, sebaiknya urungkan niat melakukan ekspedisi ke Gunung Bawakaraeng dan Danau Tanralili,” ucapnya. [bal] (merdeka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *