Senin , 27 September 2021

Presiden Bank Dunia: Sri Mulyani Sumber Inspirasi Semua Orang

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim datang lagi ke Indonesia untui kedua kalinya. Ia menghadiri acara Indonesia Infrastructure Finance Forum di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Kim memuji kinerja dan kemampuan Sri Mulyani yang sempat menjadi mitra kerjanya di Bank Dunia beberapa tahun lalu.

“Ibu Ani (Sri Mulyani) merupakan salah satu Direktur Pelaksana paling terhormat dalam sejarah Bank Dunia,” ujar Kim dalam acara Indonesia Infrastructure Finance Forum di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Kim menceritakan saat Sri Mulyani menjadi mitra kerjanya di Bank Dunia beberapa tahun lalu. Ia memuji kinerja Sri Mulyani yang gesit dan mengemban tanggung jawab yang besar atas dana Bank Dunia.

“Saat beliau jadi Direktur Pelaksana, saya menjadi Presiden Bank Dunia 2012 Juli dan saya lihat Bu Ani Direktur Pelaksana efektif dan jelas berkomunikasi dengan semua orang. Beliau bertanggung jawab untuk miliaran dolar dana US$ 40 miliar habiskan setiap tahun,” ujar Kim.

Dengan memiliki Menteri Keuangan seperti Sri Mulyani, Kim mengungkapkan, Indonesia kini berubah ke arah yang lebih baik. Terlebih lagi Sri Mulyani memiliki pengalaman yang mumpuni selama bekerja di Bank Dunia.

“Dengan memiliki Menteri Keuangan seperti beliau sudah terlihat banyak hal. Saat berada di Bank Dunia praktiknya baik dan kurang baik dan sudah melihat bagaimana seluruh negara mengangkat martabat negaranya ke taraf yang diinginkan,” ujar Kim.

“Beliau bukan saja sumber daya bagi Indonesia, beliau juga sumber inspirasi semua pihak,” tambah Kim.

Kim juga mengungkapkan bahwa pihaknya sempat menahan kepergian Sri Mulyani ke Indonesia. Namun, dengan berbagai pertimbangan, Kim melepas kepergian Sri Mulyani untuk mengemban amanat baru sebagi Menteri Keuangan Indonesia.

“Saya mengerti keputusan beliau berhasil menjadi teladan,” kata Kim.

(detik.com-mkj/mkj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *