Jumat , 17 September 2021

Responden Lebih Puas Kinerja Pemda Ketimbang Pusat

Hasil survei Media Survei Nasional (Median) menemukan sebanyak 35,3 persen responden survei menyatakan puas dengan kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi covid-19. Jika dikomparasikan dengan tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah daerah (pemda), yakni pemerintah provinsi, dan kabupaten kota, maka angka kepuasan responden terhadap pemerintah pusat cenderung lebih rendah.

“Secara berurutan tingkat kepuasan yang tertinggi itu ada pada pemerintahan provinsi 37,8 persen, diikuti oleh pemerintahan kabupaten kota 36,5 persen dan tingkat kepuasan terhadap pemerintah pusat itu 35,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun secara daring, Rabu (7/7).

Rico mengatakan tidak ada disparitas terlalu besar antara tingkat kepuasan pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten kota. Namun, ia melihat tingkat kepercayaan masih di bawah 50 persen.

“Artinya eksekutif kita saat ini maupun di tingkat pusat maupun provinsi itu perlu memperbaiki kinerjanya,” tuturnya.

Untuk diketahui survei dilakukan pada 21 Juni – 26 Juni 2021. Survei dilakukan di media sosial menggunakan rancangan non-probability sampling dengan kuesioner berbasis google form yang disebarkan melalui media sosial facebook dengan target pengguna aktif facebook berusia 17-60+. Hasil survei yang terkumpul sebanyak 1.089 responden.

“Hasil survei dimaksudkan untuk menggali persepsi pengguna media sosial facebook di Indonesia,” ujarnya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita (republika)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *