Sabtu , 28 Mei 2022

Satgas Raika Terus Berjuang Demi Masyarakat Makassar

Setelah masa tugasnya diperpanjang oleh Walikota Makassar, Ketua Satgas Raika Iman Hud menyempatkan diri mampir ke studio siar radio Suara Celebes di jalan Landak untuk melakukan sosialisasi terkait tupoksi satuannya dalam upaya meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang didasari oleh instruksi Presiden, Mendagri dan Perwali serta Surat Edaran Wali Kota tentang PPKM.

Iman Hud melalui dialog live interaktifnya dalam program acara Makassar Round Up selama kurang lebih 60 menit mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh kalangan masyarakat, diantaranya adalah jam operasional dan kapasitas daya tampung setiap usaha yang harus berdasarkan kaidah kesehatan.

Menurutmya, tugas Satgas Raika sudah sesuai dengan prosedur, satu contoh misalnya, yakni dengan terlebih dulu melayangkan teguran tiga kali hingga penutupan dan penyegelan suatu usaha.

Jika teguran telah disampaikan sesuai ketentuan namun tetap abai, maka akan dilakukan penyitaan fasilitas seperti kursi dan meja usaha,kemudian akan dilanjutkan dengan penyegelan atau penutupan usaha sesuai aturan yang berlaku.

Secara prinsip, seluruh usaha seperti cafe, resto, rumah makan, THM dan sejenisnya hanya boleh beroperasi hingga pukul 22.00 Wita.

Model pendekatan kepada mereka di lapangan dilaksanakan secara bertahap dan terukur, sehingga ada usaha yang statusnya ditutup sementara selama seminggu hingga dua minggu.

Namun jika tingkat kepatuhan masih rendah dan terjadi pembangkangan, maka tindakan penyegelan atau penutupan usaha akan dilimpahkan ke pengadilan.

Hingga saat ini diketahui, sudah ada ratusan pelaku usaha yang ditertibkan akibat melanggar ketentuan penegakan protokol kesehatan.

red.suaracelebesfm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *