Sabtu , 28 Mei 2022

Seragam Baru Satpam Warna Krem akan Diperkenalkan 2 Febuari 2022

Polri akhirnya mengubah kembali seragam Satuan Pengamanan (Satpam) yang semula warna cokelat menjadi warna krem. Seragam satpam baru ini akan diperkenalkan pada 2 Februari 2022.

“Besok pas upacara HUT Satpam baru diperkenalkan warna krem baju seragam satpam yang baru. Acara HUT Satpam diundur tanggal 2 Febuari,” kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Minggu (30/1).

Ramadhan menjelaskan, pemberlakuan seragam satpam yang baru itu setelah revisi Peraturan Polisi Nomor 2 tahun 2020 tentang Pamswakarsa selesai. Pemberlakuan satpam baru warna krem itu sekitar setahun sejak disahkan Perpol selesai direvisi.

“Satpam sekarang menjadi profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, perlu identitas yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya dan seragam institusi lainnya,” ujar dia.

Menurutnya, warna seragam satpam itu diubah lantaran diperlukan identitas sendiri agar tidak terjadi kebingungan warga masyarakat terhadap Polri dan satpam.

“Namun Satpam tetap memiliki kebanggaan dengan seragam barunya,” kata dia.

Alasan Diubah Warna Krem

Alasan seragam Satpam kembali diubah karena terlalu mirip dengan seragam personel Korps Bhayangkara. Hal itu membuat masyarakat menjadi bingung.

“Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan, dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam,” ujar dia.

Dia menambahkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas tersendiri, berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Seragam baru tersebut akan diperkenalkan di hari ulang tahun Satpam.

“Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” tutup dia. [gil]

Reporter : Nur Habibie (merdeka)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *