Senin , 18 Oktober 2021

SMI, IIF, dan BSI Beri Pinjaman Proyek KA Makassar-Parepare

PT Celebes Railway Indonesia (CRI) mendapat pinjaman berjangka dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI dan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) untuk proyek pembangunan prasarana kereta api (KA) Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan. Perusahaan juga mendapat pembiayaan sindikasi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

“Telah melaksanakan penandatangan perjanjian pembiayaan di Ballroom The Ritz Carlton,” ungkap Head of Legal Department CRI Dedy Kristianto dalam keterangan resmi, Kamis (3/6).

Kendati begitu, tidak disebutkan berapa nilai masing-masing pinjaman dan pembiayaan yang didapat dari masing-masing rekan kerja sama. Namun sebagai gambaran, nilai proyek kereta api ini mencapai Rp1 triliun.

Nantinya, pembiayaan atas proyek ini akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, untuk membiayai konstruksi, pengujian dan uji coba, serta penyelesaian emplasemen Stasiun Pelabuhan Garongkong sebagai salah satu bagian dari prasarana perkeretaapian Segmen B dan prasarana perkeretaapian segmen F dari jalur KA Makassar-Parepare.

Kedua, akan digunakan untuk membiayai bunga selama masa konstruksi dengan menggunakan skema konvensional maupun syariah. Manajemen mengklaim ini merupakan proyek pembangunan kereta api pertama di Indonesia yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

CRI sendiri merupakan badan usaha pelaksana pengoperasian prasarana perkeretaapian yang dibentuk oleh konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Bumi Karsa, PT China Communications Construction Engineering Indonesia, dan PT Iroda Mitra.

Nantinya, kereta api akan melayani lima kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar, dan Kota Parepare.

“Kereta Api Makassar-Parepare tersebut akan berperan sebagai sarana transportasi untuk mendukung permintaan angkutan penumpang dan perpindahan barang, serta membangun konektivitas nasional,” terangnya.

(uli/age)cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *