Jumat , 30 Juli 2021

Stop Plastik Sekali Pakai Daging Kurban, Ini Kata Masjid Istiqlal

Panitia kurban Masjid Istiqlal Jakarta telah beberapa tahun menggunakan plastik ramah lingkungan sebagai pembungkus daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat.

“Kami sudah bekerjasama dengan pihak Joyoboyo. Pabrik plastik ramah lingkungan untuk daging kurban,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah AS saat ditemui di Masjid Istiqlal, Selasa petang, 23 Juli 2019.

Abu mengatakan penggunaan plastik ramah lingkungan ini telah dilakukan oleh Panitia Kurban Masjid Istiqlal sejak empat tahun terakhir. “Plastiknya berwarna putih bening,” kata Abu.

Joyoboyo adalah pabrik plastik bernama lengkap Sinar Joyoboyo Plastic. Pabrik memproduksi plastik HDPE ramah lingkungan banyak digunakan untuk makanan dan nonmakanan.

 

Menurut Abu, tahun ini panitia pelaksana kurban Masjid Istiqlal tetap akan menggunakan plastik ramah lingkungan tersebut untuk bungkus daging yang akan dibagikan untuk masyarakat.

Hampir setiap tahun Masjid Istiqlal melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang berasal dari sumbangan masyarakat dan juga pejabat negara termasuk presiden dan wakil presiden.

Tahun ini Panitia Kurban Masjid Istiqlal telah membuka posko penerimaan dan penyaluran hewan korban sejak pekan lalu. Pada 2018, Masjid Istiqlal menerima 24 ekor sapi kurban dari sumbangan masyarakat serta dari presiden dan wakil presiden.

Hingga kini telah banyak warga yang menghubungi panitia untuk menyalurkan hewan kurbannya. Tetapi belum mendaftar secara resmi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tahun ini sedikit terbatas karena adanya proyek renovasi Masjid Istiqlal. “Tapi kami tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban walau dengan kondisi ruangan terbatas,” kata Abu.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengimbau kepada penyelenggara kurban Idul Adha untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai saat membagikan daging kurban.

“Kami imbau agar panitia kurban tidak menggunakan plastik sekali pakai, apa lagi plastik kresek hitam pada saat membagikan daging kurban,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih dalam keterangan tertulisnya, Selasa 23 Juli 2019.

sumber : tempo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *