Senin , 18 Oktober 2021

Susi Pudjiastuti Berang Anggota DPR Minta Jaminan Dapat ICU: Semua Orang Penting

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berang menanggapi pernyataan politikus dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay. Saleh sebelumnya menyebutkan anggota DPR harus mendapatkan fasilitas ruang intensive care unit (ICU) jika terinfeksi Covid-19.

“Pak K.Fraksi PAN; Rakyat biasa, saudara, kawan, handai taulan saya ada yg meninggal, isoman & kritis, berjuang & bertarung dg covid . Stop berpikir hanya wakil rakyat saja yg penting; Anda sbagai wakil rakyat yg dipilih oleh rakyat selama ini kemana ??semua orang itu penting!” cuit Susi melalui akun Twitter-nya @susipudjiastuti, Rabu, 14 Juli 2021.

Cuitan Susi tersebut merespons pemberitaan di salah satu media nasional dengan judul “Politisi PAN: Saya Tak Mau Dengar Lagi Ada Anggota DPR Tak Dapat ICU”. Berita itu ditayangkan pada hari yang sama.

Ketua Fraksi PAN itu merujuk pada kejadian wafatnya anggota Komisi II DPR John Siffy Mirin yang telat ditangani karena sebelumnya sulit mendapatkan ruang ICU.

Hingga berita ini ditayangkan, Jumat sore, cuitan Susi berkembang viral dan diperbincangkan di sejumlah media sosial. Di Twitter, cuitan tersebut disukai oleh 9.390 warganet, menuai komentar dari 499 warganet dan di-retweet hingga 3.908 kali. 

Sehari setelah berita itu ramai diperbincangkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meminta maaf untuk tindakan dan pernyataan kadernya yang kurang sensitif di tengah situasi pandemi seperti sekarang.

“Saya telah menegur tiga kader PAN yang membuat pernyataan kontroversial. Atas nama partai, sekali lagi saya menyampaikan permohonan maaf,” katanya seperti dikutip dari cuitan lewat akun Twitter-nya @ZUL_Hasan , Kamis, 15 Juli 2021.

Lewat cuitan tersebut, Zulkifli juga mengunggah video pendek yang berisi permohonan maaf. Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu, ia meminta seluruh kadernya menjaga akhlak, perilaku, omongan.

“Memang kita berduka, dua anggota DPR wafat. Kita tentu sedih, tapi yang meninggal bukan cuma orang PAN. Rakyat lebih banyak lagi yang menderita,” kata Zulkifli.

Oleh karena itu, ia meminta para politikus PAN berhenti mengeluh. “Kita juga jangan berdiam diri. Kalau kita tidak bisa membantu, paling tidak, jaga perbuatan,” ucapnya.

Susi Pudjiastuti mengapresiasi sikap Wakil Ketua MPR ini. “Pak Zulkifli Hasan Yth. apresiasi atas Manner yg bagus untuk terus dibangun di Elit Politik kita,” katanya via cuitan di Twitter.

Meski begitu, Susi Pudjiastuti meminta agar politikus itu juga meminta maaf kepada publik atas pernyataannya yang tidak berempati dengan keadaan saat ini. “Sebaiknya Bapak paksa masing2 mereka untuk juga meminta maaf kepada Public yg telah mempercayakan mandatnya pada mereka. Tanpa mandat dr rakyat mereka bukan siapa2.”

Reporter: Tempo.co Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti (tempo)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *