Jumat , 30 Juli 2021

Susul Twitter, Instagram Dikabarkan Mulai Kembangkan Layanan Berbayar

Instagram tampaknya sedang mengeksplorasi fitur baru yang memiliki beberapa kesamaan dengan layanan berlangganan TwitterDisebut Exclusive Stories, fitur masa depan itu ditemukan oleh pengembang Alessandro Paluzzi, yang memungkinkan penggunanya mengunggah konten eksklusif ke stories Instagram mereka untuk pelanggannya.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan Paluzzi, Exclusive Stories dibedakan dalam umpan pengguna dengan tag ungu (mirip dengan fitur Close Friends yang berwarna hijau). Saat pengguna mencoba menonton Exclusive Stories tanpa menjadi penggemar dari orang yang berbagi, maka akan melihat pop-up yang mengatakan hanya penggemar yang dapat menonton, sebagaimana dikutip The Verge, Rabu, 30 Juni 2021.

Ini adalah pandangan yang sangat awal tentang apa yang dapat dipertimbangkan media sosial besutan Facebook itu. Perusahaan mengatakan tidak dapat membagikan lebih banyak, selain mengonfirmasi bahwa tangkapan layar berasal dari prototipe internal dan saat ini tidak menguji apa pun.

Namun, masuk akal bahwa Instagram akan mempertimbangkan dan bahkan menerapkan fitur seperti ini di beberapa titik. CEO Adam Mosseri telah terbuka tentang mengeksplorasi langganan untuk platform itu. 

Ada fokus intens pada tahun lalu untuk memungkinkan pembuat konten memonetisasi karya mereka di berbagai platform. Mengikuti pertumbuhan Substack yang eksplosif, perusahaan induknya juga baru-baru ini membuat tambahan dengan meluncurkan platform Bulletin.

Twitter membuka aplikasi untuk Super Follows dan Ticketed Spaces awal bulan ini, yang meskipun jumlahnya tidak diketahui sekarang, memiliki beberapa kesamaan dengan fitur Instagram yang baru sebatas hipotetis itu. Super Follows memungkinkan pengguna Twitter untuk berbagi tweet eksklusif dengan pelanggan.

Reporter: Moh Khory Alfarizi Editor: Erwin Prima (Tempo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *