Senin , 27 September 2021

Tantangan Bisnis Data Center Mengintai Indonesia

Menjelmanya perusahaan pangkalan data alias data center sebagai primadona di lantai bursa, seolah menjadi indikasi bahwa betapa prospektifnya bisnis tersebut di Tanah Air.

Saham sejumlah emiten yang memiliki bisnis pangkalan data bahkan menjadi buruan para investor di lantai bursa. Sebut saja PT DCI Indonesia Tbk. (DCII), PT Indointernet Tbk. (EDGE), dan PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI).

Merekahnya bisnis pangkalan data di Indonesia dapat dimaklumi. Apalagi pangsa pasar bisnis tersebut di Tanah Air masih sangat besar. Sekjen

Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia (IDPRO) Teddy Sukardi coba menggambarkan kondisi terkini dan potensi dari bisnis pangkalan data di Tanah Air.

Teddy mengklaim bisnis pangkalan data di Indonesia masih sangat potensial. Pasalnya, seluruh perusahaan yang melakukan aktivitas secara digital membutuhkan tempat penyimpanan data, salah satunya adalah pangkalan data. 

Tidak hanya itu, jumlah pengguna internet Indonesia yang mencapai lebih dari 200 juta pada 2021, juga merupakan pasar potensial yang seharusnya dapat dimanfaatkan maksimal oleh para pelaku usaha pangkalan data. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *