Kamis , 9 Desember 2021

Teman Bus Mamminasata akan Dikembangkan Layani Rute ke Objek Wisata Makassar

Kawasan wisata di Makassar Sulawesi Selatan akan lebih mudah dijangkau dengan kehadiran Trans Mamminasata atau Teman Bus. Bus yang sedang dalam tahap uji coba sebagai layanan transportasi massal di Makassar itu direncanakan untuk menjangkau kawasan wisata juga.

Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan Prayudi Syamsibar mengatakan Teman Bus masuk dalam perencanaan pengembangan wisata domestik dengan menghadirkan rute dari Bandara Hasanuddin ke destinasi wisata. “Plt Gubernur sudah mengusulkan ke Menteri Perhubungan supaya ada rute dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Bantimurung yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Maros, begitu pula rute ke Fort Roterdam,” ujarnya, Rabu, 17 November 2021.

Pada tahap awal, sebanyak 22 bus yang merupakan hibah Kementerian Perhubungan diujicobakan dari total 87 unit bus yang disiapkan untuk Sulsel hingga akhir November 2021. Penyerahannya dilakukan secara bertahap.

Sementara ini, Teman Bus disiapkan untuk empat koridor dengan rute masing-masing, yakni koridor 1 dengan rute Terminal Malengkeri – Jalan Metro Tanjung Bunga, koridor 2 Bandara Sultan Hasanuddin – Mall Panakkukang, koridor 3 Kampus 2 PNUP- Kampus 2 PIP dan koridor 4 Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar – UIN Samata Gowa.

Yudi mengatakan pengadaan 87 unit yang akan disebar masing-masing 22 unit pada setiap koridor tersebut totalnya sebanyak Rp 15 miliar untuk 2021-2022 sehingga dimungkinkan untuk penambahan dua koridor lagi pada 2022. “Tentu tujuannya ada yang ke wisata domestik cuma sekarang kita jangkau dulu wilayah dengan mobilitas tinggi seperti mall, bandara dan lainnya. Ini dulu yang coba kita jalani,” ujarnya.

Program Teman Bus ini merupakan penyediaan layanan transportasi massal yang lebih nyaman dan aman untuk masyarakat. Moda transportasi ini menawarkan pola beli layanan yang tidak lagi menargetkan jumlah penumpang, namun mengutamakan ketepatan waktu tempuh agar penumpang lebih mudah mengestimasi waktu sampai ke tempat tujuan.

Reporter: Antara Editor: Ninis Chairunnisa (tempo)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *