Senin , 18 Oktober 2021

UPAYA BERSAMA MENDUKUNG BALI BANGKIT

Jakarta, Pemerintahbaikpusat dan daerahterusmelakukanberbagaiupayaagar Bali dapatkeluardarikrisiskunjunganwisatawanyang menurundi tengahPandemi Covid-19.Tidakhanyapemerintah, upayabersama juga perludilakukan oleh masyarakatdalammenekanpenyebaran Covid-19 sehingga Bali amanuntukdikunjungi.

JuruBicaraPemerintahPenanganan Covid-19 dan Duta AdaptasiKebiasaanBaru, dr.ReisaBrotoAsmoromengungkapkanjumlahkunjunganwisatawan Bali pada tahun 2020 mengalamipenurunanhingga minus 83,26% (year on year/YoY)dibandingkantahunsebelumnya, sehinggahalinitentunyaharusmenjadiperhatianbersamakarenaberdampakkepadasistemperekonomian.

“Iniharusmenjadiperhatianbersama dan upayabersama agar kesehatan di Bali inibisaterjagadenganbaiksehinggapariwisatabisatumbuhkembalisertaperekonomiannyabisakembalipulih,” katadr.ReisadalamTalkshow di Radio Kesehatan pada Senin (14/06).

dr.Reisamengatakanbahwadiperlukanupaya yang nyatauntukbisasegeramemulihkanekonomi dan pariwisatadi Bali yang salah satunyaadalahdenganmengendalikanpenyebaranCovid 19.

Sementarauntukmendukung Bali Bangkit, pemerintahmemiliki 5 program percepatan Bali Bangkit yang diantaranya, pertamapenguatan 3T terdiridaritiga kata yaknipemeriksaandini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

Keduaadalahpercepatan program vaksinasi, bekerjasamadengankementerianlembagabaikpusatdan daerahterkait, swasta, maupunpemuka agama, dan organisasimasyarakat agar semuamauuntukikutprogram vaksinasiCovid-19 tanpamerasakhawatir dan ragulagi.

“Yang ketigayatadi,upayanyasepertiWork From Bali, jadisupayapereekonomianitubisabergerakkembali.MakaituadawacanauntukWFBiniagar bisadilangsungkanataudijalankan,” tambahdr.Reisa.

Work From Bali (WFB) merupakanprogram daripemerintah yang diharapkandapatmengajakmasyarakatuntukkerjadari Bali sertaikutmembantusektorpariwisataBali yang terdampakpandemi COVID-19.

Selanjutnya, keempatadalahpemberian dana hibahuntukpemulihanpariwisata Bali. Jadi, pemerintahmemberikanrelaksasi pada sektorpariwisata agar tidaksemakinterpurukakibatpandemi.

“Ada juga rencananyatravel buble yang dilakukandariPulauBintan, Bali, dan Batam. Begituupayanya,” katanya.

Percepatan Bali Bangkit pada sisi Kesehatan, kata dr.Reisa, kuncinyaadalahdisiplinprotokolkesehatandan perluadanyakerjasamayang baikantaraPemerintahpusat, pemerintahdaerah, pemuka agama di Bali, kepaladesa dan masyarakat Bali agar disiplinprotokolkesehatandapatterusdilakukan.

“Baikuntukorang yang hendakke Bali atau orang yang tinggal di Bali, semuanyaharusdisiplinprotokolkesehatan,” tutupnya. (tp)

(Sumber: Talkshow Radio Kesehatan via Suara Celebes FM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *