Kamis , 11 Agustus 2022

UPT PAL DINAS PU KOTA MAKASSAR GENCAR MENGEDUKASI MASYARAKAT

Dinas PU Kota Makassar saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan edukasi ke masyarakat berkaitan dgn pentingnya penanganan limbah/ lumpur tinja agar sanitasi lingkungan tetp berkualitas.
Hal ini menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi UPT PAL ( Pengelolaan Air Limbah) yang dikepalai oleh Hamka Darwis, SH. MM. Utk itu instansi ini menyediakn layanan penyedotan lumpur tinja bgi warga kota Makassar. 4 armada saat ini siap utk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikn Hamka ketika menjadi nara sumber talkshow di Radio Suara Celebes 91,7 SCFM sekaligus melakukan sosialisasi berkaitan hal tsb.

“Dimana tugas utama UPT PAL ini adalah bagaimana pengelolaan air limbah tinja yang kita hasilkan setiap hari. Sementara utk pengelolaan Ipal Losari masih ada 2 kemungkinan apakah diserahkan ke Dinas PU atau ke PDAM setelah rampung nantinya” kata Hamka Darwis ketika menjawab pertanyaan Ida Fachri dlm program talkshow Makassar Round Up.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dlm hal penanganan lumpur tinja armada siap dari hari senin sampai jumat untuk melakukan penyedotan dari pagi sampai sore.

Dalam talkshow yang berlangsung Selasa 5 Juli 2022, beliau menuturkan, untuk harga sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku, yaitu Rp 250.000 untuk sekali sedot.

Hamka juga mengatakan, tahun ini dinas PU kota Makassar sedang mengintensifkan pembuatan aplikasi GoSedot. Penyediaan jasa sedot lumpur tinja untuk warga dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut sehingga memudahkan masyarakat kota Makassar.

Untuk pembayaran dapat dilakukan dengan pembayaran online. Dinas PU akan menyediakan QRIS atau barcode yang akan disebarkan di masyarakat sehingga bisa langsung terhubung dengan pembayaran online.

Beliau melanjutkan, salah satu upaya pemerintah adalah membuat lingkungan yang sehat dan meminimalisir terjadinya pemcemaran lingkungan yang begitu cepat. Untuk itu Pemerintah juga menyediakan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) yang sudah berjalan beberapa tahun. Program ini melakukan penyedotan tinja setiap 2 tahun sekali kepada warga yang telah didata.

Dalam talkshow tersebut Hamka juga memberitahukan tentang program IPAL Losari yang sedang berjalan dan ditargetkan rampung Nopember 2023. Untuk pengerjaan tahap ini akan ada 1000 sambungan rumah dan 5 tahun kedepan ditargetkan akan ada 14.000 sambungan rumah. Dari 1000 sambungan rumah yg ditargetkan sudah ada 634 rumah yang telah didatangi oleh petugas untuk mengedukasi warga bagaimana pentingnya proyek ini sekaligus meminta dukungan dari masyarakat agar proyek IPAL Losari ini berjalan seperti yg diharapkan.

Program IPAL Losari merupakan pengolahan limbah dari rumah warga yang akan dikelolah ulang di tempat pengolahan limbah yg berlokasi di GMTD agar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dengan demikian dapat menghilangkan polusi bau yang tidak sedap di pantai losari.

“Perhatikan maki saja depan rumah ta. Kalau sudah mi digali, berarti tinggal tunggu mi saja datang tim IPAL Losari”, lanjut Hamka.

Diakhir talkshow, Hamka berharap masyarakat kota Makassar dapat menjaga lingkungan dan menerima tim IPAL Losari yang akan melakukan pendataan door to door.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.