Kamis , 7 Juli 2022

Warga Belum Vaksin Kedua Lebih dari 6 Bulan Disarankan Vaksinasi Ulang dari Awal

Warga yang belum mendapatkan vaksinasi dosis kedua dalam kurun waktu lebih dari enam bulan setelah dosis pertama, diminta agar mengulang kembali vaksinasinya.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, permintaan tersebut untuk menguatkan proteksi masyarakat dari infeksi Covid-19. Sebab, menurutnya masih ada 2,5 juta warga belum mendapatkan vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan setelah dosis pertama.

“Yang sudah divaksin pertama kali belum lengkap kemudian tidak vaksinasi kedua itu ada 2,5 juta di seluruh Indonesia. Cepat suruh ulangi lagi vaksinasinya,” katanya dalam konferensi pers virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/2).

Sementara untuk yang belum divaksin kedua dalam waktu 3 bulan dari suntik pertama, jumlahnya mencapai 10 juta lebih. Kepada mereka, Budi meminta agar segera melengkapi vaksin Covid-19 agar terlindungi dengan sempurna.

“Tolong segera dilengkapi vaksinasinya. Jangan tunggu-tunggu lagi, jangan pilih-pilih lagi vaksinnya, langsung disuntik,” tegasnya.

Budi menerangkan, masyarakat harus mendapatkan proteksi vaksin Covid-19 secara lengkap dua dosis, sebab pasien yang masuk ICU dan yang wafat merupakan warga yang belum lengkap vaksinasi.

Dia memerinci, saat ini 60 persen pasien Covid-19 yang meninggal dunia disebabkan karena mereka belum mendapat vaksin. Begitu juga dengan 60 persen pasien yang dirawat di intensive care unit (ICU).

“Jadi tolong bantu agar segera divaksin. Karena itu tadi, 60 persen yang wafat itu belum divaksin atau vaksinasi belum lengkap. 60 persen yang masuk ke ICU itu belum vaksinasi lengkap,” tutup Budi. [fik]

Reporter : Yunita Amalia (merdeka)

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *