Sabtu , 28 Mei 2022

Waspada Penjahat Siber Bidik Euforia Spider-Man: No Way Home

Film terbaru superhero populer Spider-Man: No Way Home yang tayang perdana di bioskop pada 15 Desember 2021 dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan siber.
Penayangan Spider-Man: No Way Home dapat menjadi iming-iming yang menarik untuk menyebarkan ancaman dan halaman phishing.

Peneliti Kaspersky mengamati aktivitas intensif dari para penipu online menjelang pemutaran perdana film dan menemukan banyak contoh situs web phishing yang dibuat untuk mencuri detail bank pengguna.

Agar dapat menonton film superhero terbaru jelang pemutaran perdananya, pengguna diminta untuk mendaftar dan memasukkan informasi kartu kredit.

Uang akan didebit dari kartu pengguna dan data pembayaran dikumpulkan oleh para pelaku kejahatan siber, dan tentu saja tidak ada penayangan awal film tersedia.

Untuk memberikan daya tarik pada halaman phishing, para pelaku kejahatan siber ini juga tidak menggunakan poster resmi dari film, melainkan fanart yang menampilkan semua aktor Spider-Man.

Dengan poster tersebut para pelaku kejahatan siber ingin menarik lebih banyak perhatian para penggemar.

Di sisi lain, dalam kebanyakan kasus yang dianalisis, peneliti Kaspersky menemukan masyarakat dapat menginstal program lain yang tidak diinginkan, selain itu terdapat juga Adware bahkan Trojan program berbahaya yang dapat mengumpulkan informasi, mengubah data atau mengganggu kinerja komputer.

“Ekspektasi para penggemar sangatlah tinggi saat ini, bahkan bisa dikatakan lebih tinggi daripada film apa pun. Setiap orang yang pernah menjadi penggemar Spidey memiliki teorinya masing-masing tentang film tersebut, yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber,” kata komentar Tatyana Shcherbakova di keterangan tertulisnya, Senin (20/12).

“Melupakan kewaspadaan siber, penonton terburu-buru untuk mengetahui rahasia film perdana, dan penipu online menggunakan fanart dan potongan trailer sebagai umpan untuk membuat korban mengunduh file berbahaya serta memasukkan detail perbankan,” katanya kemudian.

Berikut cara terhindar menjadi korban penipuan dan program berbahaya pada iming-iming nonton online Spider-Man: No Way Home.

Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika Anda ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan Anda.
Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
Perhatikan ekstensi file yang Anda download. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .ms.
Para penipu dan pencuri mengincar celah kejahatan dari euforia masyarakat pada hadirnya film Spider-Man: No Way Home. Cara di atas bisa jadi benteng pelindung agar tidak jadi korban penipuan

(ryh/fjr)cnnindonesia

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *