Jumat , 17 September 2021

WhatsApp: Status-Last Seen Bisa Hilang untuk Kontak Tertentu

WhatsApp sedang menguji fitur terbaru mereka agar pengguna bisa menghilangkan atau menyembunyikan status pengguna.
Sehingga, kontak-kontak pilihan ini tak dapat melihat last seen, foto profil dan bio pengguna Whatsapp. Fitur ini akan meluncur untuk pengguna Android dan iOS.

Fitur yang terkait dengan privasi pengguna ini masih dalam pengujian dan belum tersedia untuk seluruh pengguna Whatsapp. Cara untuk menyembunyikan status last seen ini bahkan belum diluncurkan untuk pengguna beta.

Bocoran fitur ini pertama kali diungkap oleh WABetaInfo. Menurut situs pembocor fitur terbaru Whatsapp ini, pilihan untuk menyembunyikan status kepada kontak tertentu ini merupakan pengembangan dari fitur serupa yang saat ini sudah ada.

Saat ini, pengguna hanya memiliki pilihan untuk menyembunyikan status “last seen” (terakhir dilihat) ke semua orang, hanya ke kontak mereka, dan tidak memperlihatkan status ini ke siapapun.

Dengan adanya fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk menyembunyikan status ke semua kontak mereka dan memilih untuk menyembunyikan “last seen” mereka ke beberapa kontak pilihan yang dikehendaki tanpa menonaktifkannya sama sekali. Hal ini juga berlaku untuk foto profil dan bio.

“Perlu diingat, jika Anda menonaktifkan fitur last seen untuk kontak tertentu, Ana juga tak bisa meliha status mereka,” seperti ditulis WABetaInfo.

Dilansir dari Android Police, fitur ini akan tetap menjadi jalan dua arah, ketika pengguna menyembunyikan last seen, foto profil dan bio dari beberapa orang tertentu dalam kontak, maka WhatsApp juga akan menyembunyikan informasi dari kontak tersebut, sehingga pengguna tidak dapat melihatnya.

Kebijakan baru tersebut diharapkan dapat memberikan lebih banyak kontrol atas privasi daripada yang ditawarkan sebelumnya.

Sebelumnya, pengguna pengguna hanya dapat mengatur last seen, foto profil dan bio yang dapat dilihat oleh semua orang di kontak, atau tidak sama sekali. Dengan fitur terbaru ini maka pengguna dapat memilih siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat informasi tersebut.

Sebagian besar perusahaan aplikasi perpesanan modern memudahkan pengguna untuk melihat kapan teman di dalam kontak terakhir online. Fitur ini menjadi petunjuk yang berguna, memberitahu pengguna jika ia harus mengharapkan respons yang cepat. Namun tidak semua orang perlu tahu terkait privasi tersebut. WhatsApp akan membuatnya lebih mudah untuk mengelola siapa yang dapat dan tidak dapat melihat informasi profil. 

(eks/eks)cnnindonesia

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *