Sabtu , 28 Mei 2022

WHO Ungkap Kabar Baik soal Akhir Pandemi Covid di Eropa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa mengungkapkan kabar baik terkait pandemi Covid-19. WHO menyatakan varian Omicron, khususnya yang melanda di Eropa, membawa pandemi Covid-19 ke fase akhir.
“Masuk akal bila kawasan ini beranjak ke arah fase akhir pandemi,” tutur direktur WHO Eropa, Hans Kluge, Minggu (23/1), dikutip dari AFP.

Kluge juga mengatakan varian Omicron bisa menginfeksi 60 persen penduduk Eropa pada Maret nanti.

Setelah penyebaran varia Omicron mereda, kekebalan global akan muncul dalam beberapa pekan atau bulan.

Kemunculan kekebalan ini disebabkan antara karena vaksinasi atau sudah ada banyak masyarakat yang terinfeksi. Ada juga kemungkinan penyebaran virus semakin berkurang.

“Jadi kami mengantisipasi akan ada periode tenang sebelum Covid-19 kembali di akhir tahun, tetapi bukan mengembalikan pandemi,” ujar Kluge.

Kemunculan varian Omicron, yang dalam beberapa studi dikatakan menimbulkan infeksi yang lebih ringan dibanding Delta, meningkatkan harapan virus corona berubah dari pandemi menuju fase endemi layaknya flu musiman.

“Banyak yang harus dibicarakan terkait endemik, tetapi endemik berarti menjadi mungkin untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Virus ini mengagetkan (kita) lebih dari sekali, sehingga kita harus lebih hati-hati,” kata Kluge lagi.

Di wilayah Eropa, Omicron menjadi dalang dari 15 persen kasus di wilayah itu sampai pada 18 Januari.

(pwn/bac)cnnindonesia

dok.photo : google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *