Jumat , 17 September 2021

Zona Merah Covid-19 Melonjak Jadi 96 Daerah

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat sebaran daerah yang masuk kategori zona merah atau wilayah risiko tinggi penularan virus corona (Covid-19) melonjak menjadi 96 kabupaten/kota dalam sepekan terakhir dari sebelumnya 60 wilayah.

Adapun peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, terdapat 96 kabupaten/kota dengan zona merah, 293 daerah dengan kategori zona oranye atau risiko penyebaran sedang, 109 kabupaten/kota dengan zona kuning atau risiko penularan rendah, serta 16 daerah zona hijau atau daerah tidak ada kasus maupun tidak terdampak.

Wiku sekaligus menambahkan, bahwa 27 daerah zona merah di antaranya berasal dari kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali. Sejumlah wilayah tersebut antara lain, Banda Aceh, Aceh Tengah, Kota Bengkulu, Batanghari, Kota Singkawang, dan Kota Pontianak.

Kemudian, Kotawaringin Timur, Kota Palangkaraya, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Tanjung Pinang, Kota Batam, Kota Bintan, Kota Bandarlampung, Lampung Utara, Pringsewu, Kota Ambon, Kota Ternate, Fakfak, Kota Kendari, Konawe, Kota Bukittinggi, Padang Pariaman, Lahat, Musi Banyuasin, dan Kota Palembang.

Sementara itu, zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19 mengalami penurunan. Dari pekan lalu yang tercatat sebanyak 308 wilayah zona oranye,maka pekan ini berkurang menjadi 293 kabupaten/kota zona oranye.

Zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 juga berkurang menjadi 1109 wilayah, dibandingkan data pekan lalu yang mencatat 129 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Sementara itu, 15 kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau atau tidak ada kasus. Satgas Covid-19 juga mencatat satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua.

Adapun sesuai data harian yang dirilis Satgas per Selasa (6/7). Terjadi rekor penambahan kasus covid-19 sebanyak 31.189 orang, dan rekor kasus kematian baru sebanyak 728 orang.

Dua rekor tersebut merupakan penambahan tertinggi selama pandemi. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 15.863 orang.

Sehingga secara kumulatif, sebanyak 2.345.018 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.958.553 orang dinyatakan pulih, 324.957 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 61.868 lainnya meninggal dunia.

(khr/psp)cnnindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *